SELAMAT DATANG di WebBlogSite tentang coretan, gagasan, pengalaman & pendapat tentang dunia kependidikan di indonesia dari kacamata yang terdidik

Siswa Indonesia Raih 2 Medali Emas IJSO




JAKARTA – Siswa Indonesia meraih dua medali emas, dua medali perak, dan enam medali perunggu dalam International Junior Science Olympiad (IJSO) 2012 yang berlangsung di Teheran, Iran, 1-10 Desember 2012. Dalam kompetisi tahunan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kesembilan ini, Indonesia mengirim 12 siswa.

Peraih medali emas adalah Kevin Limanta siswa SMP IPH Surabaya dan Rahmat Waluyo, siswa SMPN 2 Semarang. Kevin juga berhasil meraih satu medali perak The Best Theoritical Sectio. Satu medali perak untuk The Best Team Experimental dimenangkan oleh Rahmat Waluyo, Timothy Antoni siswa SMPK 5 Penabur Jakarta, dan Dennies Deviandoni siswa SMPN 1 Bayuwangi.


Keenam peraih medali perunggu diraih oleh Steven Sebastian (SMP PL Dominico Savio Semarang), Viriyadhika Putra (SMP Kemurnian 2 Jakarta), Timothy Antoni,   Dennis Deviandoni,   Roihan Mohammad Iqbal (SMPN 2 Purworejo),  dan Tohari Catur Pamungkas (SMP BBS Sragen).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad (Mendikbud) Nuh menyampaikan penghargaan kepada para pemenang lomba tingkat internasional ini. “Ini bukti kita bisa memiliki sumber daya manusia yang baik asalkan bisa dikelola dengan baik juga,” ujarnya saat menerima kedatangan para pemenang di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (12/12).

Mendikbud mengingatkan para pemenang agar tidak berhenti berprestasi di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) saja. “Terus lakukan kegiatan yang mengasah kemampuan,” pinta menteri, seperti disampaikan dalam siaran pers.

Nuh berharap para pemenang bisa terus berprestasi sampai ke jenjang pendidikan tinggi. “Para guru agar dapat terus lakukan pendampingan supaya bisa terus berprestasi,” tuturnya.

IJSO adalah ajang kompetensi tahunan bidang ilmu pengetahuan alam yang mencakup mata pelajaran fisika, biologi, dan kimia untuk kelompok usia 15 tahun, tingkat SMP.  IJSO tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kesembilan, diikuti 29 negara dengan 169 peserta.

Ajang kompetisi terdiri atas tiga rangkaian. Yaitu multiple choice competition, theoritical competition, dan experimental competition. Dalam kompetisi itu peserta diberikan serangkaian kompetisi soal pilihan ganda (multiple choice) secara individual, theoritical competition juga individual, dan experimental competition dalam satu tim terdiri atas tiga orang.

Tahun depan IJSO ke-10 akan digelar di Mumbai, India pada 3-12 Desember 2013.

http://jalancerdas.com/siswa-indonesia-raih-2-medali-emas-ijso/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar